
Academy
Program ACBFG Integrated School adalah program integratif - kolaboratif Academic (sekolah),
Business (Perusahaan), Community (masyarakat), Keluarga (Family) dan Government (Pemerintah).
Secara umum integrasi dan kolaborasi program ini sifatnya timbal balik dan saling mengisi. Tidak
saja
sekolah harus mendapat dukungan dari dari perusahaan, masarakat, pemerintah dan keluarga/ orang tua.
Tapi sekolah harus memiliki model kolaborasi melalui program yang mampu menghubungkan semua
kebutuhan/kepentingan para pihak dalam satu kolaborasi yang saling memajukan. Model kolaborasi ini
harus
dikembangkan dan diperbaiki terus menerus. Ada beberapa nilai-nilai yang menjadi titik temu untuk
mengintegrasikan kolaborasi 5 unsur ini.
- Semakin penting mendidik anak dengan penekanan pembentukan akhlakul karimah untuk tumpuan keluarga, masarakat, bangsa dan agama dimasa depan.
- Kemajuan pembangunan diberbagai bidang telah menciptakan kelas masarakat mapan di kawasan mapan. Namun jurang antara kaya dan miskin semakin dalam. Ditengah komplek perumahan mapan dengan kasat mata sering di jumpai kelompok masyarakat bekekurangan di sekitar komplek perumahan tersebut.
- Lembaga sekolah/pendidikan dianggap lembaga yang paling banyak menghasilkan angka kegagalan dalam pencapaian target produknya dibandingkan lembaga lainnya. Banyak sekolah/pendidikan menghasilkan lulusannya tanpa dasar-dasar pengetahuan dan ketrampilan untuk mendapatkan dan mempertahankan pekerjaan. Tidak mampu melanjutkan pendidikan dan lainnya. Kegagalan itu bisa mencapai 50 persen bahkan lebih.
- Penting mengenalkan diawal satu proses mandiri kepada anak/peserta didik, arah pengembangan personal mereka (Personal Development Plan/PDP). Sebelumnya mereka harus sudah di kenalkan konsep hidup secara utuh, mereka sudah dikenalkan Landscape of Profession (LoP) dan Landscape of Business Sector (LoFS). Mereka di pandu merencanakan sendiri mencapai target pembentukan kompetensi pribadi yang utuh dan melatih mental membangun bisnis di sektor yang mereka anggap feasible.
- Pendidikan berbasis lingkungan dan kehidupan menjadi solusi untuk menjadikan sistem pendidikan menjadi pusat perbaikan keluarga, budaya perusahaan, budaya masarakat, budaya birokrasi dan menjadi motor perbaikan di lingkungan pendidikan sendiri.
- Saatnya membangun sekolah yang tidak biasa saja. Yang peduli terhadap sesama manusia, bumi dan masa depan milik bersama manusia di bumi.
1. Program Besar Academic
Program besar terkait akademik (sekolah) dikembangkan untuk mengasah dan membentuk kecerdasan IQ, EQ, SQ dan AQ. Program dapat di bagi dalam dua bagian yaitu (1) Program Akademik pembentukan karakter dan (2) Program Akacemik pembentukan kompetensi kejuruan.
1.1 Program Akademik Pembentukan Karakter
- Skillage Supercamp – Character Building
- Skillage Supercamp – The Power of Quantum Skillage
- Skillage Supercamp – Takhassus Program Camp
- Pemahaman dan habituasi Islam kaffah, rahmatan lil’alamin
- Habituasi dan uswah tauhid, zikir ibadah, akhlaqul karimah dan Ikram
- Takhassus Tahfiz Quran Tematis (TQT) dan Belajar Cepat Baca Kitab Kuning.
1.2 Takhassus Tahfiz Quran Tematis (TQT) dan Belajar Cepat Baca Kitab Kuning.
- Skillage Supercamp – Bilingual Camp
- Personal Development Plan (PDP)
- Program Literasi Produktif Bidang/Sektor/Kejuruan
- Kalender Kompetisi dan Proyek lokal, nasional dan Internasional.
- Landscape of Profession (LoP)
- Program pembentukan kompetensi profesional