
Home - About Us

Yayasan Permata Cendekia Indonesia (YPCI) Didirikan 27 Februari 2017, Notaris Sutan Ahmad Jambek, SH., MH., M.Kn. Pengesahan pendirian Badan Hukum Yayasan Melalui Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-0004266.AH.01.04. Tahun 2017. YPCI Bergerak di bidang pendidikan, sosial keagamaan dan kemanusiaan.
YPCI mengembangkan sekolah berbasis Pesantren Integratif Holistik. Berada dalam satu kawasan yang dinamakan Kampung Tumbuh Berbasis Masjid. Beralamat di RT 01/RW06 Kampung Tegal Putat, Desa Sukasirna, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat, Indonesia. Integrasi dan kesatupaduan aktifitas, dan ruang kawasan membentuk satu ekosistem yang dapat dijelaskan dalam gambar 1.1 berikut ini.

Gambar 1
Kampung Tumbuh Berbasis Masjid
Kampung tumbuh Integratif Holistik berbasis masjid memiliki Masjid Khairu Ummah di tengah-tengah kawasan. Masjid sebagai sentra kawasan menggambarkan konektifitas seluruh aktifitas kawasan mewujudkan nilai-nilai Illahiyah (nash) dan nilai-nilai Insaniyah. Konsep kawasan ini menegaskan kekuatan fungsi masjid bukan saja sebagai tempat ibadah dan secara jamaah juga pusat koordinasi dan konsolidasi. Sebagai sarana pembelajaran ilmu pengetahuan dengan berbagai varian keilmuannya (tafaqquh fi al-din), media pembentukan karakter, sosial ekonomi budaya dan aspek strategis lainnya.
Skill Village Islamic School di kelola oleh Yayasan Permata Cendekia Indonesia. Sekolah ini akan menjadi pusat pendidikan, pembelajaran dan pengembangan SDM. Tahap pertama sekolah adalah SMK Skill Village Islamic School. (SMK Skillage). Program pendidikan mengikuti kurikulum inti pendidikan kejuruan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI). Secara bertahap YPCI akan membuka SMP, SMA dan SMK program kompetensi lainnya yang sejalan dengan sektor hilir bisnis dan pemberdayaan masyarakat yang di kembangkan.
Program pendidikan dan pembelajaran ini di dukung oleh ekosistem bisnis kawasan yang sudah eksis dalam grup bisnis YPCI. Grup Bisnis itu diantaranya bisnis bidang pertanian dan pengolahan hasil pertanian melalui PT. Permata Desa Indonesia (Tasanesia) dan Restoran Bale Jentera (Food Corner & Coffee Shop). Bisnis bidang IT melalui anak usaha PT. Phoenix Cendekia Indonesia dan PT. Spero Maha Karya Nusantara.
Skill Village Islamic School adalah sekolah yang berbasis pesantren integratif holistik. Pesantren integratif dan holistik adalah satu konsep keterpaduan dan kesatuan.
Pendidikan integratif adalah keterpaduan dan sinergi antara 5 aspek dalam aktifitas pendidikan dalam satu kawasan yaitu akademis (academic), bisnis (busisness), masarakat (community), keluarga (family) dan pemerintah (government). Keterpaduan 5 aspek Skill Village Islamic School di kenal dengan Integrasi ABCFG. Keterpaduan di ejawantahkan dalam aktifitas, dan ruang membentuk satu ekosistem terpadu. Dapat lebih dijelaskan seperti gambar berikut:

Gambar 2
Ekosistem Program ABCFG Integrated School Skillage
(Academic-Business-Community-Family-Goverment)
Pendidikan Holistik adalah pendidikan yang utuh, mengembangkan segala aspek dan nilai-nilai dalam pendidikan seperti nilai moral, etis, religius, psikologis, filosofis, dan sosial dalam kesatuan yang dilakukan secara menyeluruh antara jiwa dan badan serta aspek material dan aspek spiritual untuk memenuhi kebutuhan esensial Peserta didik. Menyederhanakan pemahaman konsep holistik, Skill Village Islamic School menjadikan Akhlakul Karimah sebagai keutuhan proses dan pencapaian profil peserta didik. Akhlaqul karimah memiliki kecerdasan di bidang otak (IQ), qalb (EQ), ruhani (SQ), dan sabar (AQ).
Ibn Mas’ud ra menyatakan bahwa kehidupan dunia ini akan berjalan baik, menghasilkan kebaikan dan kesejahteraan bagi masyarakat, ketika ditopang oleh lima kelompok (pilar) orang yang memiliki akhlaqul karimah: “Tegaknya urusan dunia itu (karena ditopang) oleh lima pilar utama yaitu: Ilmunya para ulama, adilnya para pemimpin, kepemurahannya orang kaya, doanya orang-orang fakir, dan jujurnya para pegawai.” (HR. Ibnu Masud)
Skill Village Islamic School (Skillage) adalah Lembaga pendidikan yang didirikan atas dasar pemahaman Hadits diatas, berbasis pesantren (Islamic school) yang berkomitmen mencetak Kader Pilar Kejayaan Peradaban.
Jikalau dalam hadis ibn Mas’ud ini digambarkan sebagai lima pilar yaitu:
- Ilmunya para ulama.
- Adilnya pemimpin/penguasa
- Dermawannya orang kaya/aghniya.
- Doanya orang fakir.
- Jujurnya para pegawai.
Kelima kelompok ini memiliki akhlaqul karimah.
Maka, Skillage mendiskripsikannya pilar kejayaan peradaban tersebut adalah Profesional, Entrepreneur, Leader, Religius.
Kader Profesional merepresentasikan pilar doanya orang fakir, dan jujurnya para pegawai. Enterpreneur merepresentasikan orang kaya yang dermawan, Leader merepresentasikan pilar pemimpin yang adil, dan Religius mengambil makna out come ilmunya ulama. Ke empat portofolio karakter unggul ini memiliki akhlaqul karimah sebagai karakter kunci/core value pembelajaran. Inilah intisari konsep dasar Pendidikan Skill Village Islamic School mengembangkan sekolah berbasis pesantren Integratif holistik yang dikelola oleh Yayasan Permata Cendekia Indonesia (YPCI).
Sistem pendidikan integratif holistik dapat dilihat pada gambar 3 berikut:

Gambar 3
Konsep Pendidikan Skill Village Islamic School Integratif - Holistik
Menjadikan Skill Village Islamic School sebagai kampung pembelajaran terbaik untuk menghasilkan lulusan berakhlakul karimah yang Profesional, Entrepreneur, Leader, Religius memiliki kecerdasan unggul di bidang otak (IQ), qalb (EQ) ruhani (SQ), dan tangguh (AQ) .
Untuk mewujudkan visi, langkah komperhensif yang kami lakukan adalah sebagai berikut :

Gambar 4
Misi SMK Skill Village Islamic School
- Membangun ekosistem yang diberi nama Kampung Tumbuh Berbasis Masjid.
- Mengembangkan dukungan sistem pendidikan Pesantren Integratif Holistik
- Membangun ekositem secara bersama sama pembentukan akhlakul karimah, karakter unggul semua peserta didik dengan keluarga/orang tua, masyakarat, dan pemerintah
- Memaduserasikan program akademis dan pemberdayaan masyarakat.
- Membangun ekosistem budaya komunikasi (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris) dan literasi unggul (Tahfidz Qur'an Tematik dan Belajar Cepat Baca Kitab Kuning).
- Mengembangkan program kemitraan untuk pembentukan Profesionalisme, Entrepreneur, Leadership dengan lembaga/unit usaha.
- Membangun sinergi kemitraan dengan program pembangunan pemerintah disemua lini.

Gambar 5
Skema Kurikulum Pesantren Integratif Holistik